Masih banyaknya masalah gizi dan masalah kesehatan dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai gizi. Hal ini dapat terjadi pada berbagai kelompok usia termasuk remaja. Salah satu masalahnya adalah pengetahuan mengenai pentingnya mengonsumsi sayur dan buah. Diperlukan pendidikan gizi yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan konsumsi sayur dan buah pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efek pemberian pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan konsumsi mengenai sayur dan buah pada remaja. Penelitian ini dilakukan di Asrama Mahasiswi. Desain penelitian ini yaitu Quasy Eksperiment, dengan rancangan preposttest. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sebanyak 34 orang. Intervensi dilakukan sebanyak 3 kali dalam 3 minggu. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji univariat menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sampel sebanyak 91.17%, konsumsi sayur sebanyak 70.58% dan konsumsi buah sebanyak 55.88%. Hasil uji bivariat menunjukan bahwa terdapat efek pendidikan gizi terhadap pengetahuan mahasiswi dengan nilai p(sig)=0.000. Ada efek pendidikan gizi terhadap konsumsi sayur mahasiswi dengan nilai p(sig)=0.010 dan tidak ada efek pendidikan gizi terhadap konsumsi buah mahasiswi dengan nilai p(sig)=0.714. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat efek pendidikan gizi terhadap perubahan pengetahuan dan konsumsi sayur namun tidak dengan konsumsi buah. Diharapkan agar materi pendidikan ini disosialisasikan kepada seluruh mahasiswi yang tinggal di asrama dengan membagikan leaflet dan memasang poster di asrama agar mahasiswi tersebut memahami pentingnya fungsi sayur dan buah bagi kesehatan tubuh.
Copyrights © 2019