Journal of Mathematics and Mathematics Education (JMME)
Vol 1, No 2 (2011): Journal of Mathematics and Mathematics Education

MODIFIKASI PEMBELAJARAN STATISTIKA MATEMATIKA DENGAN METODE PETA KONSEP MELALUI PENDEKATAN ANALOGI

Triyanto Triyanto (Prodi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, FKIP – UNS)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2011

Abstract

ABSTRAK             Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan model dan perangkat pembelajaran Statistika Matematika I melalui modifikasi pembelajaran dengan metode peta konsep melalui pendekatan analogi,  dengan harapan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut maka penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Sedangkan dalam penerapannya,  penelitan ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif untuk mengetahui pengaruh pembelajaran peta konsep melalui pendekatan analogi (yang dikembangkan) terhadap prestasi  belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Matematika I.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa yang secara acak dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah  Statistika Matematika I tahun akademik 2010/2011. Dari sampel tersebut 35 mahasiswa ditempatkan dalam kelas eksperimen dan 35 mahasiwa yang lain ditempatkan dalam kelas kontrol.Hasil penelitian ini adalah 1) Telah dikembangkan perangkat pembelajaran yang  berupa bahan ajar dan RPP untuk mata kuliah  Statistika Matematika I yang mengacu pada pembelajaran peta konsep melalui pendekatan analogi. 2) Terdapat pengaruh positif pembelajaran peta konsep melalui pendekatan analogi pada mata kuliah Statistika Matematika I di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kata Kunci : Statistika Matematika, Peta Konsep, Analogi1)         Artikel hasil penelitian2)         Staf Pengajar pada Program Studi Pend. Matematika, FKIP, UNS

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jmme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal Mathematics and Mathematics Education (JMME) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics and mathematics education. This journal was founded by the Magister of Mathematics Education, ...