Jurnal Kepelatihan Olahraga
Vol 4, No 2 (2012)

PEMBELAJARAN TERPADU SEBAGAI MEDIA BELAJAR MOTORIK DAN MATEMATIK DASAR PADA SISWA SD

sutresna, nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran terpadu dan pendekatan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan motorik dasar, disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap kedua pendekatan tersebut. Taraf kemampuan awal dibagi menjadi kemampuan matematika dasar tinggi dan rendah. Penelitian dilakukan di SDN Panyileukan I Bandung Jawa Barat dengan menggunakan metode eksperimen dan sampel sebanyak 40 orang. Tes kemampuan motrik dan matematika dasar dipakai sebagai alat untuk mengumpulkan data. Teknik analisis adalah Anava 2x2 dengan uji lanjut tuckey dan uji t pada taraf siginifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan peningkatan matematika dasar. Kesimpulan penelitian adalah sbb; secara keseluruhan hasil belajar pendekatan pembelajaran terpadu lebih baik dari hasil belajar konvensional. Untuk kemampuan awal matematika dasar rendah pendekatan pembelajaran terpadu lebih baik dari pendekatan konvensional. Sedangkan untuk kemampuan awal matematika dasar tinggi tidak terdapat perbedaan antara kedua pendekatan pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JKO

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal Kepelatihan Olahraga (JKO) is a media for widespread the results of research, studies and ideas in the field of sports coaching. Jurnal Kepelatihan Olahraga focuses on information related to the issues of the latest sports training development. The scope of the journal includes: 1) Sports ...