Lada Putih merupakan komoditas perkebunan yang berperan penting dalam kegiatan ekspor dan impor. Aspek pemasaran merupakan hal penting dalam pengusahaan perkebunan lada rakyat. Usahatani lada putih dilakukan secara berkala dan berkelanjutan di Kabupaten Bangka Barat didukung oleh potensi lada putih yang telah memiliki brand image (Muntok White Pepper). Dalam menjalankan usahatani lada putih maka perlu adanya analisis efisiensi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan saluran pemasaran lada putih di Kabupaten Bangka Barat, (2) Menganalisis efisiensi pemasaran lada putih menggunakan metode market strukture, market conduct, and market performance (SCP) di Kabupaten Bangka. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pendekatan SCP. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima macam saluran pemasaran lada putih di Kabupaten Bangka Barat. Struktur pasar yang terbentuk dari pemasaran lada putih dominan ke pasar persaingan tidak sempurna yaitu oligopoli. Saluran IV merupakan saluran yang relatif lebih efisien di ukur berdasarkan nilai margin terkecil yakni Rp 4.000, Farmer’s share sebesar 92,59, dan R/C rasio sebesar 2,63.
Copyrights © 2019