Setiap tahunnya, PT Askes (Persero) terus-menerus memperbaiki pelayanan yang ada, terlebih lagi motto PT Askes (Persero) sendiri ialah “Melayani Pelanggan Melampaui Harapanâ€. Oleh karena itu sebagai salah satu bentuk evaluasi kinerja layanan maka PT. Askes (Persero) meminta pihak ketiga dalam hal ini “Haygroup†untuk melakukan pengukuran kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil survey awal terhadap 10 responden di Askes Center Rumah Sakit Umum Depati Hamzah Pangkalpinang diperoleh gambaran 57% responden tidak puas dengan pelayanan yang diterima.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kepuasan peserta Askes Sosial terhadap kualitas pelayanan Askes Center di Rumah Sakit Umum Depati Hamzah Pangkalpinang Metode jenis penelitian deskriptif analitik menggunakan metode survey dan kemudian dijabarkan dalam diagram kartesius. Jumlah sampel 109 responden, waktu pelitian juni-juli 2013. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat kepuasan peserta Askes Sosial berdasarkan masing-masing dimensi kualitas pelayanan adalah: dimensi Assurance (jaminan): 77,63%; Responsiveness (daya tanggap): 75,16%; Tangible (bukti fisik): 74,79%; Empathy (empati): 74,27%; dan Reliability (keandalan) sebesar 72,64%. Rata-rata tingkat penampilan dari semua atribut yaitu 3,62 dan rata-rata tingkat kepentingan dari semua atribut adalah 4,85. Kesimpulan bahwa dari lima dimensi kualitas pelayanan pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, namun ada beberapa atribut pelayanan yang perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan terutama dimensi Reliability (keandalan) perlu ditingkatkan.
Copyrights © 2017