HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 32 No 2 (2016)

EFEKTIVITAS PROGRAM AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) DALAM MENINGKATKAN SKILL ORANGTUA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DALAM MELAKSANAKAN TERAPI SECARA MANDIRI

Rafikayati, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2017

Abstract

Sebagai pelaku utama, orang tua harus memahami cara melaksanakan Auditory Verbal Therapy (AVT) secara benar. Orang tua tidak seharusnya hanya mengandalkan sesi terapi di tempat habilitasi pendengaran yang hanya 1 s/d 3 jam per minggu. Orang tua juga harus mengulang terapi di rumah jika ingin keterampilan berbahasa anak berkembang secara optimal. Meskipun begitu, dalam pelaksanaannya banyak orang tua yang masih mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi dan referensi tambahan tentang cara melaksanaan AVT secara mandiri di rumah sehinga dalam pelaksanaanya, orangtua membutuhkan program AVT untuk membantu mereka melakukan terapi secara mandiri di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam meningkatkan skill terapi orang tua anak dengan hambatan pendengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian praekperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yakni one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 12 orang tua anak dengan hambatan pendengaran. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik obervasi dengan rubrik/form observasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil Z hitung = -3.066 dengan P = 0.002 dengan taraf signifikansi (a ) 5%. Hasil tersebut lebih kecil dari 0,005, sehingga terbukti kebenaranya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program AVT efektif dalam meningkatkan skill terapi orangtua anak dengan hambatan pendengaran secara mandiri di yayasan Aurica Surabaya. Kata Kunci: Program AVT, Skill terapi orang tua anak dengan hambatan pendengaran

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...