Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 1, No 1 (2019): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS 4 SDN BINONG II KABUPATEN TANGERANG

Ana Mariana Purnamasari (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Asih Rosnaningsih (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif pada siswa kelas 4 SDN Binong II Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengkaji dan menganalisis data secara objektif sesuai dengan data yang di temukan di lapangan. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini ditemukan 49 tulisan siswa yang telah dianalisis. Terhadap penulisan huruf kapital siswa pada paragraf deskriptif, sebanyak 403 kesalahan sedangkan perletakkan tanda baca pada paragraf deskriptif yang telah ditulis siswa sebanyak 72 kesalahan.Kata kunci: Huruf kapital, tanda baca, paragraf deskriptif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...