Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education

PERAN ORANGTUA DALAM MENANAMKAN IBADAH SHALAT PADA ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI, KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Faridayanti Faridayanti (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Joni Joni (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Vigi Indah Permatasari (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Peran orangtua dalam menanamkan ibadah shalat pada anak usia dini sangatlah penting khususnya bagi warga desa gerbang sari kecamatan tapung hilir kabupaten Kampar. Karena dalam mendidik anak adalah kewajiban bagi orangtua dari lahir hingga dewasa. Anak adalah sebuah anugrah dan titipan dari allah SWT sehingga kita sebagai orangtua sangat berperan penting dalam membentuk jiwa dan akhlak serta kewajiban sebagai umat islam adalah shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana pentingnya peran orangtua dalam menanamkan ibadah shalat pada anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat. Lokasi penilitian peran orangtua dalam menanamkan ibadah shalat pada anak usia dini adalah di desa gerbang sari kecamatan tapung hilir kabupaten Kampar, dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara langsung turun kelapangan melakukan wawancara dan observasi berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua memiliki peran penting dalam mendidik anaknya apalagi mendidik menanamkan ibadah shalat, upaya yang harus dilakukan orangtua dengan cara memberi contoh langsung dalam melakukan ibadah shalat serta hadiah pujian-pujian yang bersifat mendukung serta memotivasi secara langsung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...