Jurnal Sitakara
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMPN 16 PALEMBANG

Wandiyo Wandiyo (Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang. Berdasarkan pembatasan masalah di atas adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang?. Hasil penelitian ini memperkuat pernyataan Johnson dan Pearson (dalam Zuchdi, 2008: 23-24) bahwa faktor yang berasal dari dalam diri dan faktor yang berasal dari luar pembaca dapat mempengaruhi terhadap kemampuan membaca pemahaman. Lebih lanjut, hasil penelitian ini juga selaras dengan pernyataan Paul D. Leedy (dalam Soedarso, 2005: 120-121) yang mengemukakan beberapa tujuan membaca pemahaman. Tujuan tersebut antara lain: untuk mengerti ide pokok, mampu memahami fakta dan detail khusus, meningkatkan kekayaan pengetahuan umum, dan mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi di dunia. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...