Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah hati, olah pikir, olah raga, serta olah rasa dan karsa dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dear Nathan dan film Dear Nathan, sedangkan data penelitian berupa narasi, kalimat atau dialog cerita tentang tokoh utama pria. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, teknik baca, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter tokoh protagonis pria dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Pertama, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah hati meliputi: (a) jujur, (b) sabar, (c) bertanggung jawab, (d) berempati. (e) berani mengambil risiko, (f) pantang menyerah, dan (g) rela berkorban. Kedua, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah pikir meliputi: (a) kritis, dan (b) ingin tahu. Ketiga, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah raga meliputi: (a) bersahabat, (b) ceria, (c) ulet, dan (d) gigih. Terakhir, pendidikan karakter tokoh protagonis pria dilihat dari sisi olah rasa dan karsa meliputi: (a) kebersamaan, (b) ramah, (c) peduli, dan (d) toleran.
Copyrights © 2019