Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2019)

Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Collaborative Learning dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Media Macroflash 8

Janah, Ika Nur (Unknown)
Kusumadewi, Rida Fironika (Unknown)
Ulia, Nuhyal (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Kemampuan berfikir kritis matematis merupakan kemampuan berfikir dalam menyelesaikan suatu masalah yang melibatkan pengetahuan, penalaran, dan pembuktian matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan berfikir kritis matematis siswa kelas V SD Negari Sembungharjo 01 masih rendah. Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar kemampuan berfikir kritis matematis siswa berkembang setelah pembelajaran dengan model collaborative learning berpendekatan open-ended berbantuan media macroflash 8. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berfikir kritis matematis siswa kelas eksperimen menggunakan model collaborative learning berpendekatan open-ended berbantuan media macroflash 8 lebih baik atau sama terhadap siswa kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori, dibuktikan dengan hasil -t tabel (-2,034) ≤ t hitung (1,503) ≤ t hitung (2,034) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima diartikan terdapat perbandingan nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada uji-t. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan pembelajaran model collaborative learning berpendekatan open-ended terdapat perbedaan hasil dari sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis matematis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

square

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menerbitkan artikel kajian di bidang pendidikan matematika dan kajian ...