cover
Contact Name
Prihadi Kurniawan
Contact Email
square@walisongo.ac.id
Phone
+6285642615299
Journal Mail Official
square@walisongo.ac.id
Editorial Address
Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
ISSN : 2714609X     EISSN : 27145506     DOI : 10.21580
Core Subject : Education,
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menerbitkan artikel kajian di bidang pendidikan matematika dan kajian matematika
Articles 146 Documents
Pemanfaatan Metode Kalman Filter Diskrit untuk Menduga Suhu Udara Tengger, Billy Arifa; Ropiudin, Ropiudin
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.2.4202

Abstract

Suhu adalah variabel fisik yang perlu diketahui secara tepat untuk penggunaan tertentu. Suhu adalah derajat panas dan dingin suatu benda. Derajat panas dan dingin ini dipengaruhi oleh enthalpi (energi) yang dimilki suatu zat. Pendugaan suhu udara dapat memberikan manfaat untuk aktivitas pada beberapa bidang, seperti: pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Metode Kalman Filter Diskrit merupakan salah satu metode matematika yang dapat digunakan untuk menduga data di masa yang akan datang. Kalman Filter Diskrit memiliki keunggulan mampu menduga suatu kondisi berdasarkan data terbatas. Data pengukuran terbaru menjadi suatu bagian terpenting dalam algoritma Kalman Filter, karena data tersebut akan mengkoreksi data hasil pendugaan, sehingga hasil pendugaan selalu mendekati kondisi sesungguhnya. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan menggunakan metode Kalman Filter Diskrit untuk menduga suhu udara diperoleh ketepatan pendugaan nilai suhu udara di atas 95%. Pedugaan dilakukan secara harian dan bulanan. Dengan demikian Kalman Filter Diskrit mampu dan handal untuk pendugaan suhu udara secara harian, bulanan, bahkan tahunan.
Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Rohman, Ahmad Aunur; Ismail, M.; Siswanah, Emy
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.1.4057

Abstract

Terdapat keterbatasan sumber belajar siswa dan sarana pembelajaran yang terdapat di SMP Negeri 1 Kendal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran matematika SMP berbasis android berorientasi UoS pada materi lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan nilai pretest terendah yaitu kelas VIII G sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Matematika SMP berbasis android berorientasi UoS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X Sugianto, Ika Ujiana; Qohar, Abd
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.1.5323

Abstract

Koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika. Dengan kemampuan koneksi, siswa dapat menghubungkan antar konsep matematika, antara konsep matematika dengan ilmu lain dan dengan dunia nyata. Artikel ini berisi hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran di kelas pada materi logaritma. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam bentuk observasi dan analisis pada pelaksanaan pembelajaran dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN Taruna Nala Malang sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada proses pembelajaran di kelas. Data hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa dapat mengaitkan materi logaritma dengan materi matematika yang lain serta dapat mengaitkan materi matematika dengan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.Kata kunci: pembelajaran matematika, koneksi matematis, logaritma.
Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Septiyati, Nanda; Kusumawati, Ratih; Kurniati, Lenny
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.2.4100

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa dengan penerapan metode Gallery Walk dan pembelajaran konvensional, serta meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa pada kelompok yang menggunakan metode Gallery Walk. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dawe. Sampel yang diambil adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa pada kelompok yang menggunakan metode Gallery Walk lebih tinggi dari rata-rata nilai yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis pada kelompok yang menggunakan metode Gallery Walk.
Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Self-Regulated Learning untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa Putra, Dewa Putu Wiadnyana
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.1.4121

Abstract

Pendidikan karakter bagi siswa merupakan salah satu fokus utama dalam pegembangan kurikulum 2013. Kemandirian belajar merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk dibangun dalam diri siswa. Salah satu upaya sekolah dalam membangun kemandirian belajar siswa, yaitu dengan pembuatan tata tertib kelas dan sekolah yang harus ditaati oleh siswa. Selain itu, upaya pembangunan sikap mandiri pada siswa juga terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran. Upaya-upaya tersebut belum begitu optimal untuk membangun kemandirian belajar siswa. Peneliti mengidentifikasi dorongan-dorongan eksternal tidak cukup optimal dalam membangun kemandirian belajar siswa. Dorngan internal sangat diperlukan untuk mendukung dorongan eksternal dalam membanngun kemandirian belajar. Pada artikel ini akan dibahas desain pembelajaran matematika dengan pendekatan Self-Regulated Learning (SRL) untuk membangun kemandirian belajar siswa. Pada tahap awal, siswa diajak untuk membuat perencanaan,target dan identifikasi kesulitan dalam pembelajaran. Identifikasi hal-hal tersebut melahirkan konsep diri siswa yang ditindaklanjuti dengan pembuatan aturan diri pada setiap siswa. Aturan-aturan diri siswa kemudian diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran pada topik Relasi dan Fungsi. Penguatan integrasi topik pembelajaran dengan sikap kemandirian dirancang semakin eksplisit. Hasil pengembangan desain pembelajaran meliputi RPP dan LKPD dan lebar Refleksi. Aturan diri yang dibuat masing-masing siswa dapat membangun kemandirian siswa dalam belajar pada aspek inisiatif belajar, kemampuan diagonosis kebutuhan belajar dan pembangunan konsep diri.
Penentuan Premi Asuransi Jiwa Gabungan Dwiguna dengan Asumsi Mortalita Gompertz dan Pengaruh Nilai Tukar terhadap Tingkat Bunga Alfiana, Khoiroh; Himayati, Ade Ima Afifa
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.2.6411

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembahasan mengenai perhitungan premi asuransi jiwa gabungan dwiguna. Asuransi jiwa gabungan dwiguna memberikan dua manfaat sekaligus yaitu manfaat diberikan jika salah satu tertanggung meninggal dunia atau memberikan manfaat jika kedua tertanggung masih hidup hingga akhir masa kontrak asuransi. Perhitungan premi asuransi jiwa gabungan dwiguna ini melibatkan asumsi Gompertz pada probabilitas hidup dan pengaruh nilai tukar pada tingkat bunga. Perhitungan premi dihitung berdasarkan asumsi mortalita Gompertz, yang mempengaruhi probabilitas hidup tertanggung status gabungan. Selain itu, adanya pengaruh fluktuasi dollar terhadap tingkat bunga yang berdampak pada nilai premi asuransi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, turunnya nilai tukar rupiah mengakibatkan tingkat bunga meningkat jika dibandingkan dengan tingkat bunga acuhan. Sehingga, dapat disimpulkan nilai premi asuransi dipengaruhi nilai tukar. Hal ini berakibat adanya peningkatan risiko yang dialami perusahaan asuransi.Kata kunci: asuransi jiwa gabungan dwiguna, hukum mortalita Gompertz, nilai tukar.
Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model Fernanda, Jerhi Wahyu; Hidayah, Noer
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.1.5363

Abstract

Penilaian merupakan akhir dari proses pembelajaran yang dapat dilakukan melalui ujian. Soal yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik. Classical Test Theory (CTT) dan Rasch model merupakan analisis statistika untuk menganalis butir soal. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis terhadap 50 soal menggunakan metode CTT, didapatkan hasil bahwa hanya 21 soal yang memenuhi kriteria item difficulty dan item discriminant. Analisis Rasch model, memberikan informasi bahwa secara keseluruhan kualitas soal dikatakan baik berdasarkan pola kurva item information function. Analisis ini juga memberikan informasi terdapat 42 soal yang layak karena memenuhi kriteria item fit, dan 8 soal yang harus dievaluasi lagi. Analisis menggunakan Rasch model lebih baik dibandingan dengan CTT, sehingga 8 soal yang tidak layak berdasarkan analisis tersebut harus dievaluasi dengan mengubah bentuk studi kasus pada soal tersebut dan membuat inovasi metode pembelajaran terkait materi pada 8 soal tersebut.Kata kunci: analisis soal, Classical Test Theory, Rasch model.
Pengaruh Metode Pembelajaran E-Learning dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Kelas Kalkulus Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali Arna Putri, Gusti Ayu Made
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.2.4265

Abstract

Model pembelajaran dengan metode E-learning dan Snowball Throwing mengacu pada dua metode pembelajaran yang berbeda yaitu model pembelajaran modern dan konvensional. Metode E-learning atau electronic learning melatih mahasiswa untuk belajar secara mandiri di mana pun dan kapanpun. Metode Snowball Throwing adalah kegiatan pembelajaran yang disertai dengan permainan pelemparan kertas berisi pertanyaan yang dibentuk menyerupai bola salju, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi jauh lebih menyenangkan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah Kalkulus semester genap di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Penelitian melibatkan dua kelas Kalkulus, kelas yang pertama diberi perlakuan kedua metode dan kelas yang kedua hanya diberi metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan metode E-Learning dan Snowball Throwing pada kelas Kalkulus tersebut. Pengujian dilakukan dengan independent T test atau uji T. Hasil dalam penelitian ini adalah perbandingan hasil belajar pada masing-masing kelas Kalkulus.Kata kunci: kalkulus, metode e-learning, metode snowball throwing.
Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Umam, Syaiful; Wahyuni, Arie; Hidayati, Destia Wahyu
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.2.4058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbasis Etomatematika dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam peneitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Dawe Kudus tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji T dengan sig (0,05) didapatkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai nilai ketuntasan 70 dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 
Pengaruh Penilaian Kinerja dan Kecerdasan Emosional Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Biantoro, Nanly Ollyvia Putri Hestu; Kristanti, Febriana; Mursyidah, Himmatul
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.2.5257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja siswa dan kecerdasan emosional siswa selama proses pembelajaran berdasarkan PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel penelitian berada pada kelas VII-B SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes materi perbandingan, lembar observasi kinerja siswa, dan angket kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel penilaian kinerja terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung F tabel yaitu 4,632 4,45 , artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja terhadap hasil belajar sebesar 42,5%; (2) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung F tabel yaitu 5,733 4,45, artinya terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 33,6%;(3) berdasarkan uji regresi linear berganda variabel penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung F tabel yaitu 3,672 3,59, artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 60,7%.Kata kunci: kecerdasan emosional, penilaian kinerja, Project Based Learning (PjBL).

Page 1 of 15 | Total Record : 146