Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Vol 1, No 2 (2019)

Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs

Adiwijayanti, Dewi Dwi (Unknown)
Purwati, Heni (Unknown)
Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses mengingat, di mana seluruh materi ayat (rincian bagian-bagiannya seperti fonetik, waqaf, dan lain-lainnya) harus diingat secara sempurna. Salah satu manfaat menghafal Al-Qur’anadalah penguatan otak dimana mereka harus teliti dan jeli dalam membedakan ayat-ayat yang memiliki kemiripan redaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes berupa tes tertulis prestasi belajar, dan non tes berupa lembar observasi hafalan Al-Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar  dengan sumbangan efektif sebesar 34,7% sedangkan 65,3% ditentukan oleh faktor lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

square

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menerbitkan artikel kajian di bidang pendidikan matematika dan kajian ...