DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 3, No 1 (2019): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengaruh Kegemaran Membaca terhadap Keterampilan Menulis Narasi

Eka Sariyanti Almana (Unknown)
Santa Santa (Unknown)
Wawan Syahiril Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

AbstractThe research aims to determine the positive effect on reading fondness with narrative writing skills. It is correlational research. The research subjects are students of class IV A and IV B of Tlajung Udik State Elementary School 01 Gunung Putri Sub-District, Bogor Regency consisting of 44 sample respondents. The results shows that there is an influence of reading fondness on narrative writing skills, indicated by statistical analysis that resulted in a correlation coefficient (rxy) of 0.93. This shows the influence of reading fondness on narrative writing skills, with the determination coefficient (r2) of 0.8649 or 86%. This means that the reading fondness value of narrative writing skills is 86%, through the regression equation Ŷ = (59.6 + 0.74X), and 14% is determined by other factors. It can be concludes that there is a positive and significant effect between reading fondness in narrative writing skills.Keywords: reading, narrative writing skillsAbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif terhadap kegemaran membaca dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Tlajung Udik 01 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 44 sampel responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,93. Ini menunjukkan adanya pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.8649 atau sebesar 86%. Hal ini berarti nilai kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 86%, melalui persamaan regresi Ŷ = (59,6+0,74X) sisanya 14% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi.Kata kunci : membaca, keterampilan menulis narasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...