Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pada materi pokok bangun datar antara mahasiswa yang dikenai model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Worksheet berbasis karakter dan mahasiswa yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Worksheet berbasis karakter pada mahasiswa semester I Prodi PGSD tahun ajaran 2018/2019. Pada penelitian ini dipilih secara acak dua kelas eksperimen yaitu kelas I G sebagai kelas eksperimen I yang dikenai model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Worksheet berbasis karakter dan kelas I F sebagai kelas eksperimen II yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Worksheet berbasis karakter serta satu kelas kontrol yaitu kelas I E yang dikenai model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis uji hipotesis pertama diperoleh yaitu 6,6025 > 3,09. Jadi, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Worksheet berbasis karakter kelas model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Worksheet berbasis karakter pada mahasiswa semester I Prodi PGSD Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2018/2019.
Copyrights © 2020