DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 4, No 1 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Analisis Nilai dan Sikap Kemanusiaan dalam Kepedulian Siswa Sekolah Dasar pada Daerah Berpotensi Bencana Gunung Merapi di Kabupaten Magelang

Rasidi Rasidi (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Galih Istiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) nilai kemanusiaan siswa; 2) kepedulian siswa; 3) analisis prioritas untuk aspek peningkatan kepedulian siswa. Penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survei. Populasinya, siswa SD kelas V di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang dengan jumlah 505 di 29 SD. Sampel yang digunakan adalah purposive Sampling, dengan jumlah sampel 5 sekolah, subjeknya adalah siswa kelas V dengan jumlah 110 siswa. Instrumen menggunakan angket sebagai instrumen utamanya. Analisis datanya adalah deskriptif persentase pada tahap awal, dilanjutkan dengan analisis regresi untuk memperoleh proporsi sebagai prioritas untuk peningkatan kepedulian bencana. Hasil penelitian menunjukkan; 1) kesadaran siswa dalam nilai kemanusiaan sebesar 78,64% dengan kategori baik. 2) kepedulian sosial bencana sebesar 77,89% dengan kategori baik. 3) Hasil analisis regresi untuk melihat sumbangan relatif diperoleh indikator utama; a) membantu orang lain (55%).  b) penyelamatan diri (18%). c) pasrah pada tuhan (18%). d) upaya mengungsi (9%). Hasil analisis regresi tiap aspek yang diperoleh pemetaan untuk prioritas yang perlu ditingkatkan berturut-turut adalah: pasrah dengan tuhan, upaya mengungsi, menjaga hubungan, memberi makanan, menjaga lingkungan, membantu mengungsi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...