Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) nilai kemanusiaan siswa; 2) kepedulian siswa; 3) analisis prioritas untuk aspek peningkatan kepedulian siswa. Penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survei. Populasinya, siswa SD kelas V di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang dengan jumlah 505 di 29 SD. Sampel yang digunakan adalah purposive Sampling, dengan jumlah sampel 5 sekolah, subjeknya adalah siswa kelas V dengan jumlah 110 siswa. Instrumen menggunakan angket sebagai instrumen utamanya. Analisis datanya adalah deskriptif persentase pada tahap awal, dilanjutkan dengan analisis regresi untuk memperoleh proporsi sebagai prioritas untuk peningkatan kepedulian bencana. Hasil penelitian menunjukkan; 1) kesadaran siswa dalam nilai kemanusiaan sebesar 78,64% dengan kategori baik. 2) kepedulian sosial bencana sebesar 77,89% dengan kategori baik. 3) Hasil analisis regresi untuk melihat sumbangan relatif diperoleh indikator utama; a) membantu orang lain (55%). b) penyelamatan diri (18%). c) pasrah pada tuhan (18%). d) upaya mengungsi (9%). Hasil analisis regresi tiap aspek yang diperoleh pemetaan untuk prioritas yang perlu ditingkatkan berturut-turut adalah: pasrah dengan tuhan, upaya mengungsi, menjaga hubungan, memberi makanan, menjaga lingkungan, membantu mengungsi.
Copyrights © 2020