Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2020): Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERBANTUAN MODUL DESAIN DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Dwi Adianti Putri (Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung)
Istihana Istihana (Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berbantuan modul desain didaktis, Conceptual Understanding Procedures, dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah Quasy Experimen Design dengan metode kuantitatifdan desain penelitian yang digunakan pretest-postest control design. Uji N-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data akhir menggunakan Anava satu jalan yang dilanjutkan dengan uji Schefee’. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis sebesar 0,56, kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata sebesar 0,46 dan kelas kontrol sebesar 0,31. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Proceduresberbantuan modul desain didaktis lebih baik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dibandingkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prima

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Prima: Jurnal Pendidikan Matematika is scientific, peer-reviewed and open access journal managed and published by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang, half-yearly on January and July. It aims to be open access journal platform which publishes and disseminates the ...