Jurnal Math-UMB.EDU
Vol 8, No 1 (2020): Volume 8, Nomor 1 Tahun 2020

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Nurhasnah, Nurhasnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  pada  mata  pelajaran matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa kelas IX.2 SMP Negeri Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 5  siswa perempuan. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  tes,  dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 42,9% atau 12 siswa, meningkat 21,4% pada siklus I menjadi 64,3% atau 18 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai  KKM  meningkat  sebanyak  17% menjadi  82,1% atau 23  siswa.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dikelas.Kata Kunci: matematika, hasil belajar, google classroom

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...