Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola pikir orang tua siswa yangberbeda- beda baik dari segi pekerjaan atau kesibukan, kondisi ekonomi danlain- lain memengaruhi juga macam perhatian yang diberikan kepada anak-anaknya. Faktor lain yang berpengaruh terhadap prestasi siswa adalah siswaitu memiliki perbedaan dalam hal kecerdasanintelektual yang terkadangsangat mencolok antara seorang siswa dengan siswa lainnya. Kemandirianbelajar adalah menumbuhkan siswa yang percaya diri dan mampu mengaturdiri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar adalah kegiatanbelajar yang dilakukan dengan sadar tanpa paksaan orang lain dan disertaiadanya tanggung jawab untuk mencapai tujuan tertentu. Selain kesulitan-kesulitan dalam belajar, kemandirian belajar siswa juga sangat berpengaruhterhadap prestasi belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPJawaahirul Hikmah yaitu sebanyak 44 siswa. Karena jumlah populasi kurangdari 100 maka sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu 44 siswa.Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalahmetode angket dan tes. Angket dalam penelitian ini yang bertujuan untukmemperoleh informasi dari siswa mengenai perhatian orang tua (X 1 ) dankemandirian siswa dalam belajar mata pelajaran IPS (Y) . sedangkan tes IQbertujuan untuk memperoleh hasil berupa kecerdasan intelaktual (X 2 ) siswakelas VIII SMP Jawaahirul Hikmah tahun pelajaran 2015/2016. Untukmenentukan pengaruh diantara keduanya, peneliti menggunakan uji regresilinier berganda.Dari hasil analisis, diketahui nilai t hitung X 1 (Perhatian Orang Tua)sebesar 3,920 dan nilai t hitung X 2 (Kemampuan Intelektual) sebesar 12,460.Kesimpulannya yaitu: Nilai thitungX 1 (3,920)ttabel(2,019). Dengandemikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, ada pengaruh yang100signifikan antara perhatian orang tua siswa terhadap kemandirian belajar siswa.Nilai t hitung X 2 (12,460) t tabel (2,019). Dengan demikian, Ho ditolak dan Haditerima. Kesimpulannya,ada pengaruh yang signifikan antara kemampuanintelektual siswa terhadap kemandirian belajar siswa. dengan demikian Hoditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh adapengaruh yang signifikan antara variabel bebas X 1 (Perhatian Orang Tua) danX 2 (Kemampuan Intelektual) secara bersamaan terhadap variabel terikat Y(Kemandirian Belajar).Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan bahanpertimbangan bagi orang tua agar lebih memperhatikan anak-anaknya dalambidang pendidikan. Sedangkan bagi peneliti yang lain diharapkan dapatmenyempurkan penelitian yang sudah adaKata Kunci : Perhatian orang tua, kemampuan intelektual, kemandirian belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016