Jurnal Kepariwisataan
Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Kepariwisataan

EVALUASI METODE PENGAJARAN KAIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA JEPANG

Zuraida, Lukia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2013

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu masalah bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Jepang. Dari hasil pengamatan melalui refleksi yang dilakukan, siswa terlihat pasif, hanya menghafal, dan beberapa mengeluh.tidak percaya diri da/am mengungkapkan ide dan menuangkannya dalam percakapan dengan bahasa Jepang. Hal ini mengundang pertanyaan dan asumsi bahwa keefektifan metode pengajaran cenderung kurang berhasil. Sehagai upaya memperbaiki metode pembelajaran kaiwa penulis berusaha mengevaluasi dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subyek penelitian adalah mahasiswa STP Nusa Dua Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan angket. Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan. kaiwa cukup besar yaitu lebih dari 50, 7 %. Hal ini menjadi indikasi bahwa pengajaran kaiwa belum memenuhi tujuan yang diharapkan. Sedangkan faktor faktor yang menyebabkannya adalah sebagai berikut: 1) kurangnya pemahaman gramatikal, 2) kurangnya penguasaan kosakata, 3) kurangnyajam perkuliahan, 4) Terlalu banyak materi yang harus diajarkan, 4) ada beberapa mahasiswa yang kurang mempunyai motivasi belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpar

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Tourism Studies (Jurnal Kepariwisataan/JPAR) is aimed to spread critical analysis from researchers and academic practitioners on various travel and tourism issues local, national and internationally. The writing is published after undergoing a peer-review process by providing an exclusive ...