Jurnal Kepariwisataan
Vol 18 No 1 (2019): Jurnal Kepariwisataan

KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MICE DAN EVENT DI MAYA UBUD RESORT DAN SPA

Citrawati, Luh Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan MICE dan event di Maya Ubud Resort & Spa yang dianalisis dengan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu: bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 responden dimana respondennya adalah event organizer yang bekerjasama dengan Maya Ubud Resort & Spa.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Maya Ubud Resort & Spa sebesar 4,05 atau puas. Meskipun secara keseluruhan pelanggan merasa puas dengankualitas pelayanan yang diberikan oleh Maya Ubud Resort & Spa, terdapat penilaian buruk yang diberikan oleh pelanggan pada dimensi daya tanggap seperti kesigapan staf event bila ada perubahan yang mendadak, kesigapan staf event dalam membantu pengguna jasa dan inisiatif staf event dalammenangani keluhan di lapangan. Maka Maya Ubud Resort & Spa diharapkan dapat meningkatkan, memperbaiki dan mengevaluasi hal-hal yang mendapatkan nilai buruk serta mempertahankan indikator yang mendapatkan nilai baik supaya pelanggan menyatakan sangat puas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpar

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Tourism Studies (Jurnal Kepariwisataan/JPAR) is aimed to spread critical analysis from researchers and academic practitioners on various travel and tourism issues local, national and internationally. The writing is published after undergoing a peer-review process by providing an exclusive ...