Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SDN TOPA KOTA BAUBAU

Fitriani B (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD Topa Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Topa dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Tes meliputi soal yang diberikan kepada siswa. Sedangkan non tes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan di setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun aktivitas belajar siswa. (ii) Terdapat peningkatan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan metode eksperimen  pada siswa Kelas IV SD Negeri Topa Kota Baubau. Kata kunci. Metode Eksperimen, Hasil belajar IPA

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...