Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2020): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA UNTUK SDN 98 PALEMBANG

Yus Vernandes (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Abstrak :Masalah dalam hasil penelitian ini adalah adakah Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator terhadap Kemampuan Membaca untuk SDN 98 Palembang Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator terhadap Kemampuan Membaca untuk SDN 98 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN 93 Palembang yang berjumlah seluruhnya 165 siswa. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah uji-t.             Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran student facilitator dalam pembelajaran menyimpulkan isi berita adalah 74,87% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran student facilitator dalam pembelajaran menyimpulkan isi berita  dengan nilai rata-rata 70,96%. Dari uji homogen, bahwa sampel yang ada diperoleh dari populasi yang homogen ini dibuktikan bahwa Fhitung <  Ftabel =2,58 < 1,67. Untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 7,03 pada taraf signifikan 0,05 (5%) dengan db 60 yaitu 2,00 sehingga ttabel < thitung = 2,00 < 7,03, sehingga thitung dinyatakan signifikan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Student Facilitator terhadap Kemampuan Membaca untuk SDN 98 Palembang.Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Student Facilitator, Kemampuan Membaca

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...