Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2020): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENGIDENTIFIKASI CERPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA SDN 02 PALEMBANG

Sri Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Abstrak : Judul hasil penelitian ini adalah penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN  02 Palembang, rumusan masalah apakah pengaruh penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN  02 Palembang? Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN  02 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 02 Palembang. Sampel penelitian ini adalah kelas IIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIb sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true-experimental design. Teknik   data yang digunakan adalah tes dan teknik wawancara. Dari hasil perhitungan statistik uji-t diperoleh = 4,56 dan  = 2,000, dengan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian berarti >, maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN  02 Palembang.Kata kunci : Group Investigation, kemampuan membaca dan cerpen

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...