Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 3 KOTA PRABUMULIH TAHUN AJARAN 2018/2019

Melinda Puspita Sari Jaya (Program Studi Pendidikan Guru PAUD Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah media boneka tangan masih jarang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak, terutama dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan anak, belum dapat mengemukakan kembali cerita yang didengarnya sesuai maknanya sendiri. Hasil observasi awal yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 3 Prabumulih masih rendah.  Anak masih banyak yang berbicara terbata-bata (belum lancar) dan tidak mampu menceritakan kembali apa yang didengarnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh media boneka tangan terhadap pengembangan kemampuan berbicara anak kelompok B. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 17 orang. Semua anak kelompok B dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien t hitung adalah 3,724 dengan signifikan 0,003. Nilai ini lebih besar dari t tabel -0,252 dengan signifikan 0,806. Jika dibandingkan nilai signifikan t hitung dan t tabel, maka diketahui signifikan 0,003 < 0,005. Dengan demikian diketahui adapengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 3 Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019.Kata kunci: media boneka tangan,kemampuan berbicara anak

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...