Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 1 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI PAUD AL-HUDA PALEMBANG TAHUN 2019

Dewi Fitriani (Unknown)
Taty Fauzy (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pop up book berbasis cerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B (Usia 5-6 tahun) di PAUD Al-huda Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true Exsperimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Al-huda Palembang. Sampel penelitian adalah anak kelas B1 dengan jumlah 15 orang anak kelas eksperimen dan 15 anak kelas kontrol. Data yang diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar check-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat, serta dokumentasi berupa foto dan video. Berdasarkan nilai yang diperoleh bahwa rata-rata nilai untuk pretest kelas eksperimen 42,6. Sedangkan rata-rata nilai posttest 66,2. Ini berarti nilai rata-rata posttest lebih besar dari nilai pretest. dan dengan hasil uji-t yaitu thitung> ttabelatau 6,0 > 2,48 dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk = 15 – 1 = 14 maka H0 ditolak dan Haditerima. Hal ini berarti terdapat pengaruh media pop up book berbasis cerita terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini kelompok B (Usia 5-6 tahun) di PAUD Al-huda Palembang. Kata Kunci : Pop Up Book, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...