QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 11, No 2 (2020): Oktober 2020

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI CALON GURU FISIKA MELALUI ONLINE FORMATIVE ASSESSMENT

Rikardus Feribertus Nikat (Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus, Merauke, Papua-Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Literasi teknologi merupakan salah satu kemampuan mahasiswa terutama sebagai calon guru sesuai dengan tuntutan program merdeka belajar.  Peranan Literasi Teknologi tidak hanya terbatas pada kemampuan mahasiswa menggunakan teknologi, namun bagaimana mahasiswa mengorganisir pengetahuan mereka dalam menangkap informasi dari teknologi, mengembangkan konten konten kreatif menggunakan teknologi dalam satu kesatuan sistem pembelajaran. Salah satu bentuk pengembangannya adalah online formative assessment. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui gambaran kemampuan literasi teknologi mahasiswa calon guru fisika melalui online formative assessment. Literasi teknologi dapat diukur melalui indikator kebiasaan, kompetensi pengguna, praksis dan efek bagi pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan worksheet mahasiswa, panduan observasi serta wawancara dengan melibatkan 17 orang mahasiswa jurusan pendidikan fisika Universitas Musamus Merauke. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan diinterpretasikan bersama hasil wawancara dan observasi.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa literasi teknologi mahasiswa melalui online formative assesment cenderung memiliki kesamaan antara satu sama lain dan meningkat pada setiap pertemuan. Indikasi tersebut menggambarkan bahwa dalam perkuliahan perlu dilatihkan konsep pembelajaran berbasis teknologi. Ada beberapa faktor yang menentukan literasi teknologi adalah kemampuan, latihan dan motivasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...