QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 11, No 1 (2020): April 2020

KEEFEKTIFAN METODE PROBLEM POSING DENGAN FUTURE WHEELS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Sugian Noor (SMA Negeri 7 Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Topik keanekaragaman hayati biasanya diajarkan secara konseptual, sehingga perlu menerapkan pendekatan yang lebih mengeksplorasi kemampuan siswa dalam kognitif maupun psikomotor. lingkungan di sekitar siswa kaya dengan sumber belajar yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran sehingga perlu mengimplementasikan pendekatan problem posing dan future wheels. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan problem posing dengan futures wheels selama proses pembelajaran. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa SMA Negeri 7  kelas X MIPA 7. Adapun hasil penelitian yakni, penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dengan menggunakan problem posing serta future wheel.  Kemudian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil pre-test dan post-tes, ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 46,67 persen  pada siklus 1 menjadi menjadi 100 persen pada siklus 2 selain pengetahuan proses yang dilakukan oleh siswa selama pembelajaran tergolong baik sehingga memberikan dampak positif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...