QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019

PENGGUNAAN LKS DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Sogandi Sogandi (Unknown)
Rilia Iriani (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Yudha Irhasyuarna (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran TTW berbantuan LKS dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran TTW tanpa berbantuan LKS pada materi reaksi redoks; (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 69 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket respon. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Teknik persentase digunakan untuk analisis respon. Perhitungan uji-t menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan untuk respon siswa sebanyak 81,47% memberikan respon positif pada kelas eksperimen dan 73,89% siswa memberikan respon positif pada kelas kontrol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...