Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DAN GUIDED NOTE TAKING

Nur Safitri, Uli (Unknown)
Khoiri, Nur (Unknown)
Hariz, Anif Rizqianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar yang  mempengaruhi peserta didik dalam kegiatan belajar. Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Dalam setiap pembelajaran siswa terkadang tidak selalu semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking dan Menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa  menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X  MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Sehingga dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa melalui metode everyone is teacher here lebih tinggi dibanding metode guided note taking. Berdasarkan analisis uji t diketahui t hitung sebesar 2.3315 dan t tabel 1,666. Sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung ttabel

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...