Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) MAS Islamiyah Gunting Saga Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara berdasarkan Kurikulum 2013 yang disusun oleh guru-guru Biologi MAS Islamiyah Gunting Saga. Adapun subyek penelitian adalah guru-guru Biologi MAS Islamiyah Gunting Saga yang telah menerapkan kurikulum 2013 yang berjumlah tiga orang guru biologi. Perolehan data melalui beragam teknik pengumpulan data, diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh dari lembar penilaian dokumen RPP guru dimana pada Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan KI (85,0%). Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan KD (83,6%). Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan indikator (81,7%). Instrumen rancangan penilaian telah menggunakan teknik penilaian autentik (80,0%). Instrumen rancangan penilaian telah menggunakan bentuk penilaian sesuai pendekatan scientific dalam pembelajaran (77,2%). Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan materi yang diberikan (78.8%). Instrumen rancangan penilaian sesuai waktu yang direncanakan (80,2%). Instrumen penilaian mendukung penilaian autentik (75,2%). Kendala yang ditemui dalam penyusunan RPP yaitu pelatihan Kurikulum 2013 baru dirasakan oleh sebagian guru biologi saja, distribusi buku terlambat sampai ke tangan guru, guru merasa bekal pemahaman tentang Kurikulum 2013 belum cukup, anggapan guru terhadap penyusunan RPP Kurikulum 2013 itu sulit, pihak sekolah hanya memberi silabus, dan berbagai alasan pribadi.Kata Kunci : RPP, Kurikulum 2013
Copyrights © 2019