Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni menggunakan beberapa pendekatan, pertama pendekatan paedagogis adalah untuk mengetahui kemampuan pendidik yang meliputi pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, kedua pendekatan teologis normatif yang digunakan untuk memahami kerangka teologis sebagai landasan dosen dalam meningkatkan mutu dan SDM di Perguruan Tinggi. Ketiga pendekatan Yuridis tentang perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan harus dimiliki sebagai pedoman penyelenggara, struktur organisasi dan peningkatan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam bagi mahasiswa sangat penting sebagai implementasi dari ajaran agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dengan proses pembelajaran seperti kegiatan kokurikuler dan kegiatan keagamaan lainnya. Pendidikan agama Islam di perguruan Tinggi Umum sangat berbeda dengan Perguruan Tinggi yang berbasis keagamaan seperti UIN, IAIN dan STAIN.
Copyrights © 2020