Jurnal Andi Djemma I Jurnal Pendidikan
Vol 2, No 1 (2019): Febrauri 2019

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI PEMBERIAN TUGAS AWAL SEBELUM MATERI DISAJIKAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SITI AMINAH SURABAYA

Diah Retna Yuniarti (STKIP Bangkalan)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memacu peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Siti Aminah khususnya pada mata pelajaran fiqih  dengan memberikan tugas awal yaitu pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan disajikan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII SMP Siti Aminah Surabaya dengan jumlah peserta didik 26 . Materi yang digunakan dalam penelitian adalah materi Fiqih untuk kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 2 Agustus  sampai dengan 27 November 2010. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan analisis dan hasil evaluasi belajar siswa serta pembahasan yang telah diungkap, maka ditarik kesimpulan sebagai berikut :1) pemberian tugas awal sebelum materi disajikan (PR) yang dikerjakan di luar jam pelajaran atau dikerjakan di rumah dapat membantu siswa dalam kesiapan belajar, 2) pemberian tugas awal yang diterapkan pada siklus I, siklus II, siklus III pada siswa, menunjukkan adanya indikasi peningkatan prestasi siswa secara signifikan, 3) pemberian tugas awal yang harus dikerjakan di rumah secara kelompok dapat menimbulkan hubungan timbal balik yang positif antar anggota kelompok yaitu siswa yang lemah dapat dibantu oleh siswa yang pandai dalam menyelesaikan tugas, 4) hasil penerapan metode pemberian tugas awal menunjukkan adanya peningkatan prestasi individu siswa secara maksimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

andidjemma

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Andi Djemma adalah jurnal pendidikan untuk berbagai keilmuan yang sesuai meliputi pendidikan agama, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan bidang lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Menerima tulisan hasil ...