Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN KINERJA GURU BINAAN DALAM PEMBELAJARAN DI KECAMATAN KAYAN HULU MELALUI LESSON STUDY

Mohran mohran (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kinerja guru binaan pada tahun 2016. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran melalui lesson study. Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act). Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Tujuan dari evaluasi ini untuk mengukur sejauh mana pengaruh lesson study terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis indicator-indikator lesson study dan indikator-indikator kinerja guru. Manfaat yang yang dapat diambil diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat meningkatkan kinerjanya, (4) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson study. Kegiatan ini dilaksanakan pada sekolah binaan yang dalam penilaian kinerja guru tahun 2016 belum mencapai kategori baik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% dari subjek penelitian memiliki nilai kinerja baik atau amat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Lesson study , tercapai peningkatan persentasi guru yang bernilai baik. Guru yang mencapai kategori baik pada siklus I sebanyak 23%, menjadi 62% pada siklus II dan menjadi 85% pada siklus III. Melalui Lesson study juga terjadi peningkatan nilai rata-rata kinerja guru. Pada siklus I nilai rata-rata kinerja adalah 68,3 menjadi 73,5 pada siklus II, dan menjadi 76,8 pada siklus III. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah melalui Lesson study dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada SD Binaan di Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...