Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
Articles
211 Documents
EFEKTIFITAS PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19
Hilda Aqua Kusuma Wardhani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v4i2.450
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas perkuliahan daring pada mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas Sintang di saat Pandemi Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui google form secara online. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Kapuas Sintang semester 2, 4 dan 6.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengikuti perkuliahan daring di rumah dengan menggunakan HP, dengan koneksi data dalam keadaan sinyal internet yang cukup baik, meskipun dalam kondisi sinyal yang tidak stabil. Sistem perkuliahan daring secara umum memberikan gambaran tentang kurang optimalnya pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang disampaikan oleh Dosen melalui berbagai aplikasi, sehingga mengakibatkan proses perkuliahan yang kurang efektif.
PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 KELAM PERMAI
Marzuki -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v2i2.182
Model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan antusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Strategi pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar diantara siswa. Tujuan penelitian yaitu ada dua, yang pertama untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Tujuan yang ke dua mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu nonequvalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi berupa gambar penelitian dan foto serta dokumen nilai yang berkaitan dengan hasil. Data analisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 5,764 > ttabel 1,994. artinya hasil uji hipotesis thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel sehingga model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Kelam Permai. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa yaitu (d) 0,78 (kategori pengaruh Sedang).
EFEKTIVITAS OBJEK OTENTIK UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS
Cenderato , S.Pd, M.Pd
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.104
Penelitian ini adalah tentang penggunaan objek otentik untuk mengajarkan kosa katabahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan Pra-eksperimen. Populasi penelitian adalah156 siswa kelas VII SMPN 1 Ketungau Hulu di tahun akademik 2016/2017. Siswa kelas Cdijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah pengukuran dan alat pengumpulandata adalah tes dalam bentuk tes pilihan ganda.Berdasarkan temuan, nilai rata-rata dari posttestadalah 75,39 dan dikategorikan “Baik”. Hasil perhitungan t-test menunjukkan bahwa “11,79”lebih tinggi dari t-tabel untuk derajat kebebasan 37 yang 1,697. Selain itu, perhitungan padaPengaruh Effect Size adalah 1,65 dikategorikan “Sangat Efektif” karena lebih tinggi dari 0,8yang tingginya tingkat efektivitas (ES> 0,8 = 1,65> 0,8). Dari perhitungan, dapat disimpulkanbahwa pengajaran kosakata melalui Authentic Object adalah “sangat efektif”. Oleh karena itu,hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa “Authentic Object efektif untuk mengajarkankosakata” diterima. Sementara, hipotesis nol yang menyatakan “Authentic Object tidak efektifuntuk mengajarkan kosakata” ditolak.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM PEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI MODEL SUPERVISI KLINIS
bejo -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v3i2.364
Salah satu tugas seorang Pengawas Sekolah pada dimensi supervisi akademik adalah membimbing guru dalam pelaksanakan pembelajaran di kelas. Adanya bimbingan dari Pengawas Sekolah ini diharapkan guru-guru yang mengajar pada sekolah binaannya dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif. Kenyataan yang terjadi pada beberapa Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kabupaten Sintang adalah belum tercapainya proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran efektif. Kategori penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksankan minimal 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data hasil pelaksanaan pembelajaran guru diambil dari hasil observasi kelas. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata setiap siklus hasil kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh guru e” 70%. Hasil penelitian nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran guru IPA pada siklus I di SMPN 1 Dedai 60%, di SMPN 2 Dedai 60% dan di SMPN 3 Dedai 55,50 %. Nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran guru IPA pada siklus II di SMPN 1 Dedai 82,50 di SMPN 2 Dedai 82%, dan di SMPN 3 Dedai 73,50%. Kemampuan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran efektif dapat ditingkatkan melalui Supervisi Klinis.
MENINGKATKAN KINERJA GURU BINAAN DALAM PEMBELAJARAN DI KECAMATAN KAYAN HULU MELALUI LESSON STUDY
Mohran mohran
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v3i1.280
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kinerja guru binaan pada tahun 2016. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran melalui lesson study. Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act). Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Tujuan dari evaluasi ini untuk mengukur sejauh mana pengaruh lesson study terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis indicator-indikator lesson study dan indikator-indikator kinerja guru. Manfaat yang yang dapat diambil diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat meningkatkan kinerjanya, (4) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson study. Kegiatan ini dilaksanakan pada sekolah binaan yang dalam penilaian kinerja guru tahun 2016 belum mencapai kategori baik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% dari subjek penelitian memiliki nilai kinerja baik atau amat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Lesson study , tercapai peningkatan persentasi guru yang bernilai baik. Guru yang mencapai kategori baik pada siklus I sebanyak 23%, menjadi 62% pada siklus II dan menjadi 85% pada siklus III. Melalui Lesson study juga terjadi peningkatan nilai rata-rata kinerja guru. Pada siklus I nilai rata-rata kinerja adalah 68,3 menjadi 73,5 pada siklus II, dan menjadi 76,8 pada siklus III. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah melalui Lesson study dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada SD Binaan di Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang.
COMPREHENDING READING THROUGH CLOZE PROCEDURE TO YEAR-11 STUDENTS OF SMA 1 MERAKAI
Cenderato , S.Pd, M.Pd
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.49
This research was conducted to answer the research question: “Is the use of cloze procedure effective to test reading comprehension of the eleventh grade students of SMUN 1 Nanga Merakai in academic year 2015/2016?”The method of this research was a Pre-experimental Study with Pretest,the treatment and Posttest. The population of this research was the students of The Eleventh Grade Students of SMAN 1 Nanga Merakai in Academic Year 2015/2016. The population was 40 students of class XI IPA and it was also considered as a total sample .The technique of data collecting was matching test. The students tried to find the deleted words from texts. The research findings showed the total score of pretest is 2735 with the mean score 68.375 and categorized “Average”.Furthermore, the result of posttest is 3155 with the mean score 78.875 and categorized “Good”. The result of computation on the t-test with 7,56 is higher than the t-table for the degree of freedom N-1 (40-1)=39 is 2.042. Moreover, the computation on Effect Size of the treatment is 1.13. It is categorized “Highly Effective” because the result of 1.13 is higher than 0.8 that is the high level of effectiveness on Effect Size criteia proposed by Burn (ES >0.8 = 1.13>0.8). From the computation, it can be concluded that the teaching reading comprehension by using Cloze Procedure is “highly effective”.
The Ability in Using Adjective Clause in Writing Narrative Paragraph at Grade XI Students of SMA Negeri 1 Siantar
evanansi Marpaung
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v4i2.455
This study is about the ability in using adjective clause in writing narrative paragraph at grade XI students of SMA Negeri 1 Siantar. The problem of this thesis is whether the students are able or not in using adjective clauses in writing narrative paragraph. The writer makes the hypothesis that the students are able in using adjective clauses and the students are unable in using adjective clauses in writing narrative paragraph. The population of this research is made up of grade XI students. The result of the test comes from the students by giving them the test as the instrument. Most of the students are unable in using adjective clauses in writing narrative paragraph. Key Words: Adjective Clause, Narrative Paragraph, Writing, Students
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI VISUAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI DI UNIVERSITAS KAPUAS SINTANG, KALIMANTAN BARAT
Rachmi Afriani;
marzuki M.Pd
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v2i2.187
Literasi visual adalah kemampuan untuk menerjemahkan berbagai bentuk visual. Kemampuan ini diharapkan dimiliki oleh mahasiswa di suatu perguruan tinggi yang dituntut untuk lebih terampil dan kreatif dalam mengemukakan ide dan gagasan di era literasi digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi visual mahasiswa prodi pendidikan biologi di Universitas Kapuas Sintang, Kalimantan Barat. Pengujian dilakukan menggunakan teknik observasi langsung, teknik wawancara dan kuisoner untuk membantu mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam literasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 61,43 % mahasiswa mampu untuk membuat gambar visual berupa grafik histogram dan chart saat melakukan presentasi power point serta mampu mengplikasikan animasi bergerak yang sederhana sebanyak 60%. Namun, sebanyak 43,14% mahasiswa belum mampu untuk melakukan editing video. Selain itu, sebanyak 60,58% mahasiswa sudah mampu untuk menerjemahkan gambar dan mengungkapkan makna dari sebuah ilustasi gambar yang merupakan komponen penting dalam literasi visual.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
Mistur -;
Nurhadiah -;
marzuki -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v4i1.407
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran predict observe explain dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Sokan Tahun Pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode penelitan kuantitatif dan bentuk penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sokan dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa yang menjadi sampel sebanyak 65 orang. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran predict observe explain dapat diterapkan dengan baik, dimana semua aspek pembelajaran terlaksana 100%. Model pembelajaraan predict observe explain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Sokan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan kriteria berpengaruh besar yang diketahui dari nilai effect size 1,10.
PENGGUNAAN METODE ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA
Desi Ratnasari
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.51826/edumedia.v2i1.153
Permasalahan pembelajaran Biologi di SMPN 3 Pujut yaitu pembelajaran kurang efektif sebab guru hanya menggunakan metode ceramah dan model pembelajaran yang digunakan tidak beragam hal ini akan berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan metode Artikulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII 1 SMPN3 Pujutdengan penggunaan metode pembelajaran Artikulasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar tes. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar dengan hasil persentase kemampuan berkomunikasi siswa pada siklud I sebesar 42% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 92% yang berkategori sangat aktif. Sedangkan persentase untuk ketuntasan belajar siswa yang didapatkan dari hasil evaluasi pada siklus I adalah 82,75% yang berkategori tidak tuntas secara ketuntasan klasikal, serta persentase untuk hasil evaluasi siklus II adalah 93,10% yang berarti tuntas secara ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan metode pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII 1 SMPN 3 Pujut tahun pelajaran 2012/2013.