Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENGGUNAAN METODE ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Desi Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Permasalahan pembelajaran Biologi di SMPN 3 Pujut yaitu pembelajaran kurang efektif sebab guru hanya menggunakan metode ceramah dan model pembelajaran yang digunakan tidak beragam hal ini akan berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan metode Artikulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII 1 SMPN3 Pujutdengan penggunaan metode pembelajaran Artikulasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar tes. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar dengan hasil persentase kemampuan berkomunikasi siswa pada siklud I sebesar 42% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 92% yang berkategori sangat aktif. Sedangkan persentase untuk ketuntasan belajar siswa yang didapatkan dari hasil evaluasi pada siklus I adalah 82,75% yang berkategori tidak tuntas secara ketuntasan klasikal, serta persentase untuk hasil evaluasi siklus II adalah 93,10% yang berarti tuntas secara ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan metode pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII 1 SMPN 3 Pujut tahun pelajaran 2012/2013.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...