Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENGARUH PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 SINTANG

Rachmi Afriani (Unknown)
Novi Oktaviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan salah satu metode yangdapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkanantusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswaitu sendiri. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disampingitu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajardiantara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupankelas VII SMPNi 2 Sintang Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design.Rancangan penelitian yaitu nonequvalent control group design. Data dianalisis denganmenggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa model pembelajaran kooperatiftipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori pengaruh yangbesar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...