Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis PBL terhadap kemampuan argumentasi tertulis siswa pada materi analisa vegetasi tumbuhan di kelas X MIPA SMA N 1 Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, soal tes hasil belajar siswa, kemampuan argumentasi tertulis siswa, serta dokumentasi penelitian. Analisis data penelitian menggunakan uji independen sampel t-tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai thit 1,357 ÂÆ ttab 1,67 maka H0 diterima dan H1 ditolak maka tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan argumentasi tertulis siswa pada kelas kontrol berkriteria cukup dengan presentase 63% dan kelas eksperimen juga berkriteria cukup dengan persentase 74,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode praktikum berbasis PBL tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berargumentasi tertulis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018