Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP JOSEPH KHATULISTIWA SINTANG

Desi Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Joseph Khatulistiwa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan pengukuran dengan menggunakan soal tes berupa pilihan ganda.Hasil penelitian pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 64 dengan nilai ketuntasan klasikal 66%. Sedangkan pada siklus 2, nilai rata-rata siswa 72 dengan nilai ketuntasan klasikal 87%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21% dari siklus 1 ke siklus 2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...