Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Seorang peserta didik akan belajar dengan baik apa bila ada factor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui penerapan model pembelajaran koperatif dengan media ular tangga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus.Teknik pengumpulan data dengan observasi keterlaksanaan RPP dan angket.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket. Data hasil tes keterlaksanaan RPP pada siklus I pertemuan mencapai 73% dengan kategori baik dan pertemuan kedua mencapai 93% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 93% dengan kategori sangat baik dan pertemuan kedua mencapai 93% dengan kategori sangat baik. Hasil data angket kuesioner yang di bagikan kepada siswa pada siklus I dengan data 3 siswa dengan kategori kurang termotivasi, 6 siswa dengan kategori cukup termotivasi, 7 siswa dengan kategori termotivasi dengan data klasikal mencapai 46% dan pada siklus II dengan data 9 siswa dengan kategori sangat termotivasi, 4 siswa dengan kategori termotivasi dan 2 siswa dengan kategori cukup termotivasi dengan klasikal mencapai 86%. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan peneliti ini adalah motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran koperatif dengan media ular tangga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020