Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 1 No. 01 (2019): Agustus

Pengaruh Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Terhadap Pengelolaan Kelas di SDN Siwungkuk 01 Wanasari Brebes

Lutfiyatun Chasanah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi)
Mohammad Toharudin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi)
Didik Tri Setiyoko (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kinerja guru terhadap pengelolaan kelas di sekolah dasar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh untuk pengambilan semua anggota sebagai sempel. Teknik pengumpulan data untuk motivasi kerja, kinerja guru dan pengelolaan kelas berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah stsistik deskripsi, uji normalitas, uji linearitas dilakukan sebagai uji prasyarat hipotesis, uji t untuk pengujian hipotesis. Adapun hasil yang diperoleh dari hasil uji t melalui perhitungan SPSS 16, diperoleh nilai signifikasi yang menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti bahwa Ha diterima. Sehingga, motivasi kerja memberikan pengaruh terhadap pengelolaan kelas pada sekolah dasar. Pada hasil kinerja guru dari hasil uji t melalui perhitungan SPSS 16, diperoleh nilai signifikasi yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kinerja guru memberikan pengaruh terhadap pengelolan kelas Sekolah Dasar. Jadi dapat Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh sikap motivasi kerja dan kinerja guru terhadap pengelolaan kelas. Oleh karena itu motivasi kerja yang dimiliki oleh masing-masing guru berpengaruh terhadap kinerja yang dihasilkan. Maka dari itu, motivasi intrinsik maupun ekstrinsik diperlukan sehinggga kinerja guru yang hasilkan akan tercapai secara maksimal

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...