Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 1 No. 01 (2019): Agustus

Analisis Kemampun Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD UNDANA Dengan Model Think Pair Share

Fembriani Fembriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Cendana)
Taty R Koroh (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran terpadu di kampus pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Universitas Nusa Cedana perlu ditingkatkan. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah pembelajaran terpadu menjadi dasar penelitian ini. Mata kuliah pembelajaran terpadu sebagai acuan mahasiswa belajar kurikulum 2013. Penelitian eksperimen akan dilakukan dengan pembelajaran model think pair share (TPS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dalam pembelajaran meliputi perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian ini uji normalitas data dengan SPSS 21 Perolehan hasil uji normalitas data nilai pretest kelas kontrol dan eksperimen adalah signifikan hasil belajar 0,334>0,05 menunjukan bahwa data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data nilai preetest kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikan 0,808>0,05 maka Ho diterima atau kedua kelompok mempunyai varian yang sama (varian datanya homogen). Hasil kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model think pair share bahwa hasil signifikansi 0,000< 0,005 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini berrarti setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model think pair share, ternyata perolehan nilai posttest (nilai hasil belajar) kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Jadi disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...