Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 1 No. 01 (2019): Agustus

Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 1 Tapak

Sasi Mardikarini (program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Doktor Nugroho Magetan)
Fahrudin Hamdani (program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Doktor Nugroho Magetan)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bentuk- bentuk penilaian pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 1 Tapak, Panekan, Magetan. 2) Mengetahui masalah- masalah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terlihat bahwa 1) bentuk penilaian pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 terdiri dari penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Penilaian pengetahuan diambil berdasarkan tugas individu, tugas kelompok, ulangan, PR, dan dalam proses pembelajaran. Penilaian sikap diambil berdasarkan aktifitas yang dilakukan oleh siswa sehari- hari selama di sekolah, sedangkan keterampilan sesuai dengan kegiatan selama proses pembelajaran. Untuk penilaian sikap dan keterampilan belum berjalan secara maksimal. 2) Guru terkendala dengan pengalaman, materi yang cukup, waktu, dan partner kerja.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...