Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD

Novi Yuliyanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Rizki Umi Nurbaeti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Nur Afifah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah mahasiswa PGSD semester III pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Hal ini ditunjukan dengan ketuntasan hasil Ujian Tengah Semester  (UTS) sebesar 32,89%. Oleh karena itu, perlu perbaikan khususnya pada muatan bahan ajar yang digunakan dalam mata kuliah Konsep Dasar IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas bahan ajar berbasis saintifik terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa PGSD semester III Universitas Muhadi Setiabudi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan semester III kelas A sebagai kelas eksperimen dan semester III kelas B sebagai kelas kontrol. Uji one sample test digunakan untuk menguji efektivitas kedua bahan ajar. Analisis multivariate digunakan untuk mengetahui terdapatnya perbedaaan efektivitas kedua bahan ajar. Hasil penelitian menunjukan 1) Penggunaan bahan ajar berbasis saintifik dan bahan ajar biasa sama-sama efektif terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD, 2) terdapat perbedaan keefektifan antara kedua bahan ajar, 3) penggunaan bahan ajar berbasis saintifik lebih efektif dibandingkan bahan ajar biasa terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...