Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat

Awal Nur Kholifatur Rosyidah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)
Mohammad Archi Maulyda (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)
Itsna Oktaviyanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi yang dilakukan mahasiswa PGSD sebagai calon guru Sekolah Dasar dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Miskonsepsi digolongkan menjadi 3 jenis yaitu Careless errors (Ca), Concept errors (Co), serta Careless errors dan Concept errors (Ca an Co). Peneliti memberikan 6 butir soal operasi hitung bilangan bulat kepasa 45 mahasiswa PGSD kelas 3E yang menempuh mata kuliah Pembelajaran Matematika SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10% mahasiswa melakukan miskonsepsi jenis Careless errors (Ca) dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. 53% dengan persentase tertinggi (24 mahasiswa) melakukan miskonsepsi jenis Concept error (Co) dalam menyelesaikan operasi pengurangan bilangan bulat negatif dengan positif dan negatif dengan negatif. Serta ada 4 mahasiswa dengan persentase sebesar 9% dari total enam soal yang diberikan melakukan miskonsepsi jenis Careless and Concept error (Ca and Co) di dalam menyelesaikan operasi hitung pengurangan bilangan bulat yang sejenis, yaitu negatif dengan negatif maupun positif dengan positif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...