Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas

Akis Mayanto (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Zulfikar Zulfikar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Ahmad Faisal (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran mempengaruhi motivasi dan hasil belajar penjas siswa kelas V SD di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo bergantung pada gaya kognitif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo tahun ajaran 2018/2019 terdiri dari 5 sekolah. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SD Negeri 45 Poleonro dan kelas V SD Negeri 218 Gilireng yang berjumlah 79 orang. Instrument yang digunakan adalah tes gaya kognitif GEFT, angket motivasi belajar penjas dan tes hasil belajar penjas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar penjas siswa kelas V SD di Kecamaatan Gilireng Kabupaten Wajo dipengaruhi oleh metode pembelajaran tergantung pada gaya kognitif, dan (2) Hasil belajar penjas siswa kelas V SD di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo dipengaruhi oleh metode pembelajaran tergantung pada gaya kognitif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...