Ad-Man-Pend (Jurnal Administarsi Manajemen Pendidikan)
Vol 1, No 2 (2018): Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan

MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Asrianti, Elvina (Unknown)
Seri, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah partisipasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 11 jurusan Pendidikan Bisnis, SMK Muhammadiyah 2 Palembang, tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian ini termasuk kualitatif, yaitu metode yang analisisnya bersifat narasi, tidak menggunakan analisis statistik seperti pada pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar peserta didik setelah guru menerapkan metode tanya jawab, hal ini dapat dilihat setelah membandingkan partisipasi peserta didik pada siklus pertama dan siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah partisipasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode tanya jawab. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada para guru supaya memahami dan menerapkan berbagai metode mengajar salah satunya metode tanya jawab sehingga dapat meningkatkan partisipasi  peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jaeducation

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus : Jurnal ini fokus pada bidang ilmu Administrasi Manajemen Pendidikan. Scope : Ruang lingkup jurnal ini antara lain kajian ilmu administrasi, maanajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, ilmu perkantoran dan pratek perkantoran, ilmu manajemen dan perkantoran, bimbingan konseling, keuangan ...