Ad-Man-Pend (Jurnal Administarsi Manajemen Pendidikan)
Vol 3, No 2 (2020): Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan

DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DITINJAU DARI DIMENSI MANUSIA DAN KEARIFAN LOKAL

Khairi, Azizatul (Unknown)
Hadiwinarto, Hadiwinarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Paper ini berupaya menelaah tentang dinamika pengembangan kurikulum yang ditinjau dari dimensi manusia dan kearifan local. Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan, sekaligus digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Adapun pendidikan tentu tidaklah berorientasi pada masa lalu akan tetapi berorientasi pada masa sekarang dan pada masa yang akan datang, sehingga dengan itu kita bisa membuat kesimpulan bahwa kurikulumpun harus dibuat berdasarkan relevansi tersebut. Karena manusia adalah makhluk yang dinamis maka relevansi tersebutpun terus berkembang seiring dengan perubahan yang terjadi pada masyarakat. Hal ini menyebabkan kurikulumpun harus menyesuaikan. Penyesuaian tersebut dilakukan melalui pengembangan-pengembangan yang dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat di dalam proses pendidikan. Metodologi yang digunakan dalam jurnal ini adalah literatur review. Dengan mengumpulkan data maupun sumber yang berhubungan dengan dinamika pengembangan kurikulum ditinjau dari dimensi manusia dan kearifan lokal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jaeducation

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus : Jurnal ini fokus pada bidang ilmu Administrasi Manajemen Pendidikan. Scope : Ruang lingkup jurnal ini antara lain kajian ilmu administrasi, maanajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, ilmu perkantoran dan pratek perkantoran, ilmu manajemen dan perkantoran, bimbingan konseling, keuangan ...