JMPO
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)

Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Akhmad Sobarna (STKIP Pasundan)
Sumbara Hambali (STKIP Pasundan)
Lala Koswara (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kebugaran jasmani dan persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmni, yaitu laki-laki 41 siswa dan perempuan 34 siswa jadi sebanyak 75 orang. Instrumen penelitian ini adalah TKJI 16-19 tahun dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulakn bahwa: 1). Tidak ada hubungan yang signifikan antara TKJI terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajran pendidikan jasmani yaitu dengan nilai rhitung -0,656 > rtabel 0,514 dengan taraf 5%, karena nilai rsquare sebesar 0,006 atau setara 0,6%, korelasi tersebut sangat lemah sehingga diabaikan, karena nilai sebesar 99,4 % tidak ada hubungan 2). Tidak ada hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu dengan nilai rhitung -0,191 < rtabel 0,849 dengan taraf 5%, sehingga dapat disimpulakan tidak ada hubungan karena nilai rsquare sebesar 0,000 atau setara 0,0%, 3). Tidak ada hubungan yang signifikan antara TKJI dan Persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasamni yaitu dengan rhitung -0,678 > rtabel 0,500 dan rhitung -0,267 < rtabel 0,790 dengan taraf singnifikan 5%, karena nilai rsquare sebesar 0,007 atau setara 0,7%. Akan tetapi korelasi tersebut sangat lemah sehingga diabaikan, karena nilai sebesar 99,3% tidak ada hubungan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmpo

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO) is a forum for publishing various studies that have a study of the scope of the sport, ranging from sports education, sports achievement, recreational sports and health sports in which can cover various fields of science in sports, such as anatomy, physiology, ...