FOUNDASIA
Vol 11, No 2 (2020)

Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa

Bambang Hermanto (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2020

Abstract

Artikel ini menganalisis kebijakan pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatanpendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untukmenghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, danglobal sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, danberkesinambungan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis media dan studiliteratur.Teknik pengumpulan data yang digunakan berasal dari data primer yang berupa observasi atas fenomena yang terjadi dan data sekunder berupa dokumentasi yang valid.  Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan sistem pendidikan nasional yang baik dan mencerahkan bagi peserta didik tidak denganmeliberalkan sistem pendidikan, tetapimembangun pemikiran bahwa tidak selalu pemerintah, orang tua dan guru lebih tahu yang terbaik bagi peserta didik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi perlu melakukanreformasisecara komprehensifterkaitdenganpelaksanaansistem pendidikannasionaldengancarayangefisien,transparan,dan akuntabel. Pendidikan harus mendapatkanperhatian yang serius bagi setiap bangsa,karena dengan pendidikan akan dapatdilihat maju mundurnya suatu bangsa.Tentu saja bangsa Indonesia tidak ingin hidup terbelakang akibat aspek pendidikantidak mendapat porsi yang cukup dengan beriringnya berbagai kemajuan di bidanglain. Sehingga penting suatu perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.Kata kunci: Perekayasaan, Kehidupan Bangsa, Mencerdaskan, Sistem Pendidikan Nasional

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...